Monday, September 30, 2013

Teh Kayu Aro, Teh Kualitas Terbaik di Dunia Dari Kerinci


Segelas Teh
   Kita mungkin mengenal budaya minum teh yang ada di Jepang. Bahkan, acara minum teh di Jepang dilakukan secara formal dan memiliki tata cara yang khusus. Tapi ternyata, teh kualitas terbaik bukan berasal dari negara tersebut, melainkan ada di Indonesia.

     Perusahaan Teh Kayu Aro, pertama kali di buka oleh orang Belanda dengan nama NVHVA (Namblodse Venotschaaf Handle Vereniging Amsterdan). Setelah kemerdekaan RI, Perusahaan Teh Kayu Aro dinaturalisasi pada tahun 1959. Perusahaan penghasil teh terbaik di dunia ini berada di kaki gunung kerinci, kabupaten Kerinci propinsi Jambi. Terletak di ketinggian  1600 mdpl, perkebunan teh ini memiliki luas lebih dari 3000 hektar. Luas perkebunan ini nomor dua di dunia seteleh perkebunan di Himalaya dengan hasil panen perharinya mencapai 80 ton daun teh basah. 

 
Produk Teh Kayu Aro

Ratu Elizabeth
Ratu Beatrix
     Perusahaan Teh Kayu Aro merupakan penyalur teh-teh terbaik di dunia. Kualitas teh yang dihasilkan, diakui sebagai yang nomor 1 oleh pasar teh dunia. Hal ini karena, Teh Kayu Aro memiliki aroma yang kuat. Tidak heran jika teh hasil olahan perusahaan yang berada di daerah dengan slogan Sakti Alam Kerinci ini dinikmati oleh bangsawan eropa, diantaranya adalah Ratu Elizabeth dari Inggris dan Ratu Beatrix dari Belanda. 
  

     
    Teh Kayu Aro termasuk dalam teh hitam. Teh yang dihasilnya dibagi menjadi 3 grade, grade pertama merupakan teh kualitas terbaik dan khusus untuk pasar ekspor. Sedangkan grade kedua dan ketiga digunakan sebagai bahan campuran teh-teh yang beredar di Indonesia. Produksi Teh Kayu Aro dibedakan menjadi 2 jenis teh olahan, teh ortodoks dan teh CTC. Teh ortodoks adalah jenis teh yang sering kita temui pada  umumnya. Sedangkan yang kedua adalah teh dengan cara pengolahan CTC yaitu Crush-Tear-Curl, yang artinya peras-remas-kriting. Hasil akhir dari pengolahan metode CTC adalah butiran-butiran kecil seperti kristal. Teh dengan metode ini merupakan komoditi andalan untuk ekspor ke Eropa, negara Balkan, hingga Timur Tengah. Karena menjadi komoditi andalan ekspor, teh CTC tidak tersedia untuk pasar dalam negeri. 
Gunung Kerinci
    Ada 2 cara jika ingin mencicipi teh kualitas ekspor dari Teh Kayu Aro. Yang pertama adalah membeli di luar negeri dan cara yang kedua adalah mencicipinya langsung di pabriknya di Kerinci. Yang unik dari teh ini adalah saat pengujian teh secara manual. Hanya perempuan yang bisa melakukannya.

No comments:

Post a Comment